Iklan Tokopedia Bersama Blackpink Menurut Teori Semiotika

Pendahuluan

Iklan merupakan salah satu bentuk promosi yang paling dikenal dan paling banyak dibahas orang, hal ini dimungkinkan karena daya jangkaunya yang lebih luas. Iklan juga menjadi instrumen promosi yang sangat penting, khususnya bagi perusahaan yang memproduksi barang atau jasa yang ditujukan pada masyarakat luas. Suatu iklan dalam penerbitannya melibatkan media massa baik itu TV, Radio, dan Internet yang dapat mengirimkan pesan kepada sejumlah besar kelompok individu pada saat yang bersamaan ( Morisan,2009: 18).

Tokopedia merupakan salah satu pusat perbelanjaan daring di Indonesia yang mengusung model bisnis market place dan juga menggunakan iklan startup sebagai media promosinya. Tokopedia memungkinkan setiap individu, toko kecil, dan brand untuk membuka dan mengelola toko daring. Sejak diluncurkan hingga akhir 2015, layanan dasar tokopedia dapat digunakan oleh semua orang secara gratis. Untuk menjalankan dan memperkenalkan produknya tokopedia menggunakan iklan media massa yaitu Televisi sebagai medianya. Dari beberapa iklan yang telah di tayangkan di Televisi mengenai tokopedia, iklan “ jadi terkenal dimulai dari tokopedia” yang paling menarik perhatian dari peneliti. Selain karena iklan ini menarik, iklan tokopedia ini juga merupakan versi terbaru dari Tokopedia pada tahun 2017. 

Dimana didalam video tersebut juga menampilkan bintang iklannya yaitu bintang idol terkenal asal Korea Selatan yaitu Blackpink. Video iklan itu diposting lewat akun channel Youtube resmi Tokopedia dan berbagai channel di televisi.


Isi

Penanda: Pada iklan Tokopedia, Terlihat bahwa Blackpink yang merupakan salah satu Girl Group asal Korea Selatan yang membintangi iklan tersebut untuk mempromosikan Tokopedia.


Petanda : Di dalam video iklan tersebut, Blackpink mempromosikan tentang "Traktiran pengguna baru" di Tokopedia serta menyebutkan bahwa Tokopedia "Selalu ada selalu bisa".
Terlihat pula pada awal video iklan, Lisa yang menyebut "0 rupiah" yang mana merupakan hadiah yang diberikan Tokopedia untuk para pengguna baru. Setelah itu diikuti oleh member Blackpink lainnya. Hingga di akhir video iklan menampilkan Rose dengan menyebut "Traktiran pengguna baru".



Kesimpulan

Objek seni yang saya ambil adalah seni visual dan seni videografinya. Dimana seorang pembuat video iklan tersebut telah memudahkan penonton lain paham akan isi yang disampaikan, karena semua adegan, efek visual, dan tipografi yang sudah menyampaikan artinya jika dilihat dengan Semiotika pun juga jelas Penanda dan Petandanya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Semiotika Berdasarkan Kehidupan Sehari-hari

Menganalisis Film "Imperfect" Berdasarkan Teori Semiotika